Pulsating Superman Logo Pointer ~ Welcome To My blog II Dionisius Dany Putranto IX A
Welcome My Blog, Dionisius Dany Putranto,IXA Smp Sint Carolus Bengkulu

Sabtu, 13 September 2014

10 Maskapai dengan Pertumbuhan Terpesat di Dunia

Maskapai-maskapai besar seperti United, Delta, Lufthansa dan British Airways boleh dikenal sebagai maskapai yang mampu mengangkut penumpang paling banyak di dunia. 

Namun kenyataannya pertumbuhan maskapai-maskapai tersebut dalam beberapa tahun terakhir tercatat melambat bahkan stagnan. 

Kondisi sebaliknya bisa ditengok ke wilayah lain. Banyak maskapai-maskapai yang lebih kecil ternyata terus berkembang bahkan pertumbuhannya melesat tinggi dari sisi penumpang maupun trafik penerbangan. 

CNBC menghimpun daftar maskapai penerbangan yang memiliki pertumbuhan paling cepat di dunia. Data tersebut diambil dari Innovata yang merupakan sumber resmi database kegiatan penerbangan di seluruh dunia. 

Innovata mengukur kapasitas maskapai berdasarkan jarak tempuh penerbangan. Innovata juga membandingkan jumlah penumpang setiap maskapai dari Desember 2011 hingga Desember 2012.

Ingin tahu, maskapai mana saja yang mengalami pertumbuhan terpesat di dunia?. Berikut 10 maskapai dengan perkembangan paling pesat seperti melansirCNBC, Jumat (14/6/2013):

1. Vueling Airlines

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 40,4%

Vueling, maskapai milik Singapura ini merupakan unit dari maskapai nasional Iberia. Maskapai ini terus meningkatkan jumlah rute penerbangan dalam beberapa tahun terakhir. 

Selama 4 bulan pertama tahun ini, Vuelling dilaporkan menerbangkan 5,7 juta penumpang. Sementara jumlah penumpang gabungan Iberia dan Iberia Express hanya mencapai 5,6 juta orang.


2. Lion Air

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 34,6%

"Ini adalah raksasa tidur, di salah satu negara terbesar di dunia dan memiliki geografi yang sangat cocok untuk penerbangan. Ini negara kepulauan, di mana pesawat udara tidak benar-benar bersaing dengan bus dan kereta api hanya feri," kata analis CAPA, Sobie melansir laman CNBC.

Lion Air dinyatakan sebagai maskapai penerbangan murah terbesar di Indonesia. Maskapai ini terus berupaya memperluas usaha di pasar domestik, dengan mereknya yang kuat.


3. IndiGo

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 24,6%

IndiGo, penerbangan murah asal India ini merupakan satu-satunya maskapai di negaranya yang melaporkan keuntungan kurun 2012-2013. 

Baru-baru ini, harga saham IndiGo naik 29,8% di pasar India. Jumlah ini merupakan yang terbesar sejak peresmiannya pada 2006 dan membuatnya menjadi maskapai terbesar di India.


4. Spirit Airways

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 25,3%

Maskapai milik Amerika ini sempat santer disorot terkait keputusannya menjual anggur seharga Us$ 7 per kaleng dalam penerbangan. 

Spirit Airways cukup terkenal di Amerika Utara karena harga tiketnya sangat murah dan tambahan-tambahan biaya yang sangat terjangkau.


5. Allegiant Air

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 25,3%

Maskapai jebolan Amerika Serikat ini mampu meningkatkan jumlah penumpangnya hanya dalam waktu 1 kuartal. Meski begitu, pada 2012 Allegiant Air menjadi maskapai dengan jadwal penerbangan terburuk. 

Menurut FligtStats.com, lebih dari 30% penerbangannya mengalami keterlambatan. Sama dengan pesaingnya Spirit, Allegiant hanya fokus pada pasar domestik. 

Tujuan penerbangan maskapai ini merupakan tempat-tempat liburan seperti Orlando, Honolulu, dan Las Vegas. Dari 203 rute penerbangan, perusahaan hanya perlu bersaing di 17 rute saja.


6. All Nippon Airways

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 24,3%

All Nippon Airways (ANA) tahun ini berusia 60 tahun dan memegang 50% saham pasar Jepang. Perusahaan juga meluncurkan maskapai terbarunya dengan harga murah yang dinamai Peach. 

CEO ANA Osamu Shinobe mengatakan, maskapainya akan terus berkembang di wilayah penerbangan
murah sambil mendorong penawaran-penawaran internasional.

7. Turkish Airlines

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 24%

Beberapa tahun belakangan ini, Turkish Airlines semakin menantang bagi Emirates dan Qatar. Lokasi Turkish Airlines cukup strategis. 

Menurut Sobie, pusatnya berlokasi dekat dengan maskapai-maskapai Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Asia. Maskapai ini tumbuh sebagai maskapai utama yang mengangkut penumpang antarbenua dengan Istanbul sebagai pusatnya.

8. Norwegian

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 22,5%

Norwegian merupakan maskapai dengan tiket murah yang sedang mencari peluang di luar negeri menyusul kesuksesannya di Eropa.

Norwegian merupakan pesawat dengan tiket murah terbesar ketiga di Eropa. Menurut Sobie, alasan berkembangnya maskapai ini karena agresif memanfaatkan peluang-peluang di pasar Eropa.

9. Emirates

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 18,4%

Emirates terus menjadi salah satu maskapai unggulan di dunia lewat ukuran, pelayanan serta perluasan bisnisnya. Selain itu, selama 25 tahun, Emirates tak pernah absem melaporkan keuntungannya. 

Awal bulan ini, Emirates mengumumkan rencana untuk menambah armada dengan memesan 188 unit pesawat untuk penerbangannya.

10. Virgin Australia

Kenaikan jumlah penumpang 2011-2012: 18,3%

Pada 2012, Virgin Australia meraup keuntungan besar setelah menghentikan monopoli pesaingnya Qantas di banyak rute penerbangan.

Tapi tahun ini, maskapai asal Australia ini mengalami perlambatan pertumbuhan karena industri penerbangan harus berurusan dengan pelemahan pertumbuhan ekonomi negara Australia. 

0 komentar:

Posting Komentar

Feature

Total Pageviews

Featured Posts Coolbthemes

Pages

Pages

Bottom Navi

Translate

Search

Copyright Text